Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR terhadap kemampuan spasial siswa SMPN 2 Pulo Bandring, (2) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR terhadap motivasi siswa SMPN 2 Pulo Bandring, (3) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR di SMPN 2 Pulo Bandring, (4) motivasi siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang telah dikembangkan di SMPN 2 Pulo Bandring. Peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berupa buku siswa, RPP dan LKS matematika berbasis PMR dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Validasi perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang praktisi memperoleh nilai rata-rata total validitas adalah 4,43 dengan kriteria valid. perangkat pembelajaran berbasis PMR dalam meningkatkan kemampuan spasial dan motivasi siswa SMPN 2 Pulo Bandring yang dikembangkan adalah efektif. Berdasarkan hasil tes kemampuan spasial pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan spasial siswa yaitu sebesar 3,19. Berdasarkan hasil tes motivasi siswa pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya peningkatan motivasi siswa yaitu sebesar 5,51.