Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak perbedaan nyata mengenai efek dari pendekatan scientific berbantuan software Autograph dan pendekatan scientific terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa. 2) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak perbedaan nyata mengenai efek dari pendekatan scientific berbantuan software Autograph dan pendekatan scientific terhadap kemandirian belajar siswa.(3) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak efek interaksi antara pendekatan pembelajaran (scientific berbantuan software Autograph, scientific,) dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa. (4) Menguji secara statistik dan menganalisis ada atau tidak efek interaksi antara pendekatan pembelajaran (scientific berbantuan software Autograph, scientific) dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Medan dengan jumlah 464 orang yang telah didistribusikan menjadi 13 kelas paralel, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA-5 sebagai Kelas Eksperimen-1 dan kelas X MIA-6 sebagai Kelas Eksperimen-2 sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan uji Analisis Varian Dua Jalur (ANAVA). Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan nyata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pendekatan scientific berbantuan software Autograph dan pendekatan scientific dengan efek pengaruhnya sebesar 0,4023. Adapun perolehan ratarata kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan dengan pendekatan scientific berbantuan software Autograph adalah 79,78 sedangkan rata-rata kelompok yang diajarkan dengan pendekatan scientific adalah sebesar 78,31 artinya kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pendekatan scientific berbantuan software Autograph lebih tinggi dari pendekatan scientific, (2) Terdapat perbedaan nyata antara kemandirian belajar siswa yang memperoleh pendekatan scientific berbantuan software Autograph dengan siswa yang memperoleh pendekatan scientific. Adapun besar efek pengaruh pendekatan pembelajaran = 0,0674 berarti pendekatan pembelajaran dapat menjelaskan 6,74% variansi skor kemandirian belajar siswa, (3)Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun besar pengaruh tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM = 0,0587, yang berarti tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM dapat menjelaskan 5,87% variasi skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi faktor pendekatan pembelajaran dan faktor KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun besar pengaruh tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM = 0,0457 berarti tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM dapat menjelaskan 4,57% variasi skor kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan guru matematika memadukan media belajar sesuai materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan memperhatikan sintak pendekatan scientific berbantuan software Autograph sesuai tuntutan indikator kurikulum 2013. ii