Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan perangkat pembelajaran yang berkualitas yang dikembangkan berdasarkan pendekatan matematika realistik; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 4) Menganalisis jenis kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D). Uji coba perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba yang pertama (uji coba I) dilakukan di kelas VII-6 dan uji coba yang kedua (uji coba II) dilakukan di kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 36,11 dan posttest 69,44, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 63,89 dan posttest 88,89; 3) pencapaian self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik pada uji coba I memperoleh nilai rata-rata 68,89 dan meningkat pada uji coba II dengan memperoleh nilai rata-rata 73,61; 4) jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba I adalah kesalahan konsep dan prosedur sedangkan pada uji coba II kesalahan yang sering terjadi adalah operasi perhitungan.