Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kombinatorik matematis siswa dengan menggunakan model koperatif tipe NHT, meliputi (1) proses berpikir siswa pada kemampuan kombinatorik (2) Kemampuan kombinatorik siswa setelah pembelajaran koperatif tipe NHT dan (3) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Multimedia2 SMKPAB 1 Helvetia sebanyak 30 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan kombinatorik siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan kombinatorik, dan angket observasi aktivitas belajar siswa, Analisis data menggunakan model NHT (Numbered Head Together). Berdasarkan data yang diperoleh, proses berpikir siswa pada kemampuan kombinatorik setelah pembelajaran dengan model koperatif tipe NHT dikategorikan dalam tiga kategori yaitu tinggi,sedang dan rendah. (1) Siswa dengan kemampuan kombinatorik tinggi memiliki proses berpikir yang konsep dan rapi dalam menyelesaikan tes kemampuan kombinatorik. Siswa dengan kemampuan kombinatorik sedang memiliki proses berpikir yang konsep namun kurang rapi dalam menyelesaikan tes kemampuan kombinatorik. Siswa dengan kemampuan kombinatorik rendah dalam memahami masalah menggunakan proses berpikir yang tidak sempurna, tidak konsentrasi dan tidak mampu menggunakan alternatif untuk menjawab serta tidak konsep dan tidak rapi.(2) Kemampuan kombinatorik yang dimiliki siswa SMK PAB 1 Helvetia setelah pembelajaran koperatif tipe NHT baik.(3) Keseluruhan hasil presentase siswa yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan.