PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 104182 PAYA GELI T.A. 2018/2019
Main Author: | Sianipar, Nina Junisa |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35863/1/Kata%20Pengantar.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35863/2/56.%20nina.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35863/ |
Daftar Isi:
- Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi, yaitu dari kelas IV A dan IV BSD Negeri 104182 Payageli. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Variable dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagai variable bebas, minat belajar sebagai moderator, dan perolehan hasil belajar PKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bentuk tes pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dan lembar angket untuk mengetahui minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan untuk mendeskripsikan data penelitian tes kemampuan dilakukan analisis dengan menggunakan statistik deskriptif.