PENGGUNAAN APLIKASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA MODEL PEMBELAJARAN HYBRID/ BLENDED LEARNING SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI PRODI PENDIDIKAN ANTROPOLOGI UNIMED

Main Author: Febryani, Ayu
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35851/1/Text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35851/
Daftar Isi:
  • Berbagai persoalan muncul terhadap kualitas lulusan perguruan tinggi. Hasil rapat Kemenristekdikti mengungkap persoalan tersebut diantaranya, radikalisme, lemahnya kemampuan berbahasa asing (english proficiency), IT skill, kepemimpinan (leadership), cara berpikir yang kompleks (higher order of thinking), rendahnya kemampuan komunikasi lisan dan tertulis, kurang berpikir kritis, rendahnya rasa percaya diri dan lunturnya nilai-nilai menjadi penyakit kronis bangsa. Peningkatan kualitas pembelajaran di Prodi Pendidikan Antropologi FIS Unimed menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Penggunaan aplikasi online learning/ Learning Management System (LMS) menjadi metode dalam penerapan model pembelajaran hybrid/ blended learning. Beberapa aplikasi LMS yang digunakan para dosen diantaranya google classroom, edmodo, dan schoology. Tetapi ada juga dosen yang masih menggunakan google form, blog, dan berbagai media sosial sebagai wadah pengumpulan dan pengiriman tugas saat menerapkan model pembelajaran hybrid/ blended learning. Pengoptimalan penggunaan aplikasi ini adalah sebagai langkah bagi para dosen dan mahasiswa untuk mampu menguasai kompetensi inti yang yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0.