NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Main Author: Karo Karo, Romaida
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35813/1/Kata%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35813/2/38.%20Romaida%20Karokaro%205.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35813/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini. Namun, dalam pembentukan karakter anak terjadi tidak ke arah positif. Hal ini disebabkan karena pola asuh yang salah. Anak-anak sering kita jumpai berkata tidak jujur atau sering mencuri karena lingkungannya kurang baik. Dalam hal ini juga dipengaruhi salah satunya karena pendidik atau guru. Pendidik kadang memiliki karakter yang kurang baik sehingga menimbulkan anak juga berkarakter kurang baik. Guru disebut pemimpin anak seharusnya mendidik anak mempunyai karakter yang baik namun justru sebagian guru ada yang tidak berkarakter. Pemimpin bertugas untuk mempengaruhi bawahannya. Sesuai dengan hal tersebut guru harus mampu mempengaruhi anak untuk memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter yang didapat anak dapat terbentuk jika seorang pemimpin dalam hal ini guru memiliki nilai-nilai kepemimpinannya seperti berkata jujur, menghargai sesama, tidak pernah mengeluh, bertindak, mampu menyelesaikan masalah, bekerja keras, memiliki daya semangat, mampu bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik. Semua nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki guru itu akan berpengaruh kepada siswa dan akan membentuk karakter anak dengan baik. Semuanya itu intinya adalah guru maka guru dapat membentuk pendidikan karakter anak.