PERBEDAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 102083 PABATU
Main Author: | Simanjuntak, Maria Melfa |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35798/1/32.%20Marie%20Melfa.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35798/2/Kata%20Pengantar.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35798/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dilakukan penelitian ini untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui bagaimana perbedaan penerapan model contextual teaching and learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.Adapun masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar PKN, pembelajaran berpusat pada guru, guru kurang memanfaatkan alat peraga/ media, dan siswa malas untuk membaca dan menghapal pelajaran PKN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 102083 Pabatu. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok subjek untuk dijadikan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2.Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk pretest dan posttest. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa terdapat perbedaan antara model contextual teaching and learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian kuantitatif ini diperoleh pelaksanaan pembelajaran yang meningkat dari penerapan dua model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 102083 Pabatu.