UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI MODIFIKASI MEDIA KAYU
Main Authors: | Pardede, Eni Yusnita, Rahmad, Atika |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35762/1/Eni%20Yusnita%20Pardede%2C%20Atikah%20Rahman.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35762/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII B SMP AKP (Awal Karya Pembangunan) Galang dengan menggunakan media yang dimodifikasi. Penelitian ini adalah siswa kelas VIII Byang menjadi sampel dengan jumlah 36 orang siswa yang akan diberikan tindakan menggunakan media yang dimodifikasi pada lempar cakram.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 12 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (33,34%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 24 orang siswa (66,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 68,92. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (83,34%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar 6 orang (16,67%) masih belum tuntas. Namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Jainal :2006).Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 78,36%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan media yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII B SMP AKP (Awal karya Pembangunan) Galang Tahun Ajaran 2012/2013.