UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LEMBING YANG DI MODIFIKASI

Main Authors: Fahmi, Iskandar, Janner, Sanjaya
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35757/1/Iskandar%20Fahmi%2C%20Janner%20Sanjaya.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35757/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar lempar lembing melalui penggunaan media lembing yang dimodifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lempar lembing, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media lembing modifikasi dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar lempar cakramdengan menggunakan lembar portofolio.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I diperoleh 22 orang (68,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (31,25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,3. (2) dari tes hasil belajar Siklus II diperoleh 28 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,24. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui media lembing modifikasi dapat memperbaiki hasil belajar lempar lembing