MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMK BRIGJEND KATAMSO II

Main Author: Mahtonami, Bahgie
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35716/1/Bahgie%20Mahtonami.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35716/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran oleh guru penjasorkes SMK Brigjend Katamso II yang terpusat pada masalah: perencanaan pembelajaran pelaksanaandikelas/lapangan,evaluasidanpelaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumen. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Adapun sumber data diambil dari pengawas, kepala sekolah, guru, dan siswa. Kesahihan data diperoleh dengan cara triangulasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data,penarikan simpulan. Analisis menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang dilakukan guru penjasorkes SMK Brigjend Katamso II yang meliputi empat tahapan yaituperencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas/lapangan,pelaksanaan evaluasidan pelaksanakan tindaklanjut hasil evaluasi. Pada prinsipnya semua guru telah melaksanakan manajemen tersebut. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dari membuat pemetaan hingga membuat RPP telah dilakukan walaupun hanya fotokopi dari yang dibuat MGMP. Pelaksaan pembelajaransudah berjalan baik, walaupun para guru masih belum bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Pelaksanaan evaluasi guru penjasorkes masih banyak yang melaksanakan evaluasi hasil daripada evaluasi proses, sehingga evaluasi tersebut cenderung mengukur prestasi bukan mengukur keberhasilan pelaksanaan pembelajarannya, sedangkan pelaksanaan tindaklanjut hasil evaluasi hanya melaksanakan remidial saja, sedangkan pengayaan dan percepatan belum dilaksanakan.