PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENCAK SILAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII
Main Author: | Juliardy, Arian |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35704/1/Arian%20Juliardy.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35704/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar tendangan busur dalam pembelajaran pencak silat siswa kelas VII.Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian, pada saat pre tes sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 59,73, dengan ketuntasan klasikal 8 siswa atau 21,63% dikatakan belum berhasil baik secara individu maupun secara keseluruhan. Setelah pemberian tindakan melalui penggunaan media audio visual yang dilakukan pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,40 dengan ketuntasan belajar siswa dari 23 siswa sebesar 62,16%. Dari 37 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas dan 14 yang tidak tuntas dan nilai rata rata siswa sebesar 62,16. Berarti persentase ketuntasan secara klasikal tersebut masih kurang dimana kriteria ketuntasan minimal sekolah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 75 dan PKK adalah 85 %. Hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 75,51 dengan ketuntasan belajar dari siswa meningkat sebesar 86,48 %. Dari 37 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas dalam belajarnya dan nilai rata rata siswa sebesar 75,51 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,48 %. Persentase Ketuntasan secara Klasikal tersebut telah tuntas dan berhasil dan secara individual.