EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI PADA JURUSAN PJKR FIK UNIMED

Main Author: Siregar, Muhammad Supriadi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35679/1/Muhammad%20Supriadi%20Siregar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35679/
Daftar Isi:
  • Permendikbud No. 73 tahun 2013 diundangkan oleh pemerintah sebagai dasar hukum penerapan KKNI dalam kurikulum perguruan tinggi di Indonesia. Dalam hal ini, perguruan tinggi memiliki peran strategis sekaligus tanggungjawab yang tidak ringan dalam proses pembentukan sumber daya manusia Indonesia berkualitas unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat implementasi dari aspek konteks, input, proses, dan produk dalam mendukung implementasi kurikulum berbasis KKNI pada Jurusan PJKR FIK Unimed.. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Dalam penelitian ini dianalisis dari masing-masing faktor sesuai dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Subjek penelitian ini adalah Jurusan,Dosen dan Mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama dan wawancara sebagai pelengkap.Hasil penelitian menunjukkan,(1) implementasi kurikulum berbasis KKNI berjalan dengan baik sekali ditinjau dari aspek konteks,(2) implementasi kurikulum berbasis KKNI sudah berjalan dengan baik sekali (86,72%) ditinjau dari aspek input,(3) implementasi kurikulum berbasis KKNI sudah berjalan dengan baik sekali (84,54%) ditinjau dari aspek proses, dan (4) implementasi kurikulum berbasis KKNI sudah berjalan dengan baik sekali (80,4%) ditinjau dari aspek produk. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa Jurusan PJKR FIK Unimed sudah berjalan dengan baik sekali dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis KKNI.