PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Main Author: Annas, Azwar
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/35639/1/Azwar%20Annas.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35639/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Desain penelitian yang digunakan adalah by level 2 x 2 dengan terdapat tiga variabel penelitian, yaitu satu variabel terikat dan dua variabel bebas. Sebagai variabel terikat (dependent variable) adalah hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dan dua variabel bebas (independent variable) adalah gaya mengajar dan kemandirian siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hamparan Perak. Tahapan penelitian ini meliputi pengumpulan data tentang kemandirian, penerapan perlakukan gaya mengajar dan pengumpulan data tentang hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Pelaksanaan perlakuan gaya mengajar (gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan). Adapun waktu penerapan perlakuan gaya mengajar (gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan) dilakukan selama 4 minggu. Dengan waktu penelitian sebanyak 4 kali pertemuan.