PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN
Daftar Isi:
- Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi itu rendah diketahui dari bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa berdasarkan buku teks saja, buku tersebut merupakan satu-satunya sumber informasi untuk pembelajaran. Semua pembelajaran materi menulis dan catatan untuk siswa semuanya bersumber dari buku teks. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah belum mampu memenuhi kriteria tersebut. Isi buku paket bahasa Indonesia belum mendeskripsikan secara komprehensif isi silabus Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiyono 2015: 408) menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk diperuntukan dalam pendidikan dan pembelajaran.Penelitian pengembangan menurut Sugiyono terdiri dari sepuluh langkah prosedur pengembangan, yang mencakup aspek (1) Potensi Masalah, (2) Desain Produk, (3) Validasi Desain, (4) Perbaikan Desain, (5) Uji Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Pemakaian, (8) Revisi Produk, dan (9) Pembuatan Secara Massa. Rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 52,33 sedangkan perolehan rata-rata setelah menggunakan bahan ajar 75,56. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi meningkat dengan selisih nilai 23,33 dan produk bahan ajar berbentuk modul berbasis literasi efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi menulis teks laporan hasil observasi