Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum berbasis KKNI FIK Unimed ditinjau dari aspek Context, Input, Process, dan Product. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Dalam penelitian ini dianalisis dari masingmasing faktor sesuai dengan model CIPP (Conteks, Input, Process dan Product). Subjek penelitian ini adalah WD I, Jurusan, Dosen dan Mahasiswa. Jumlah sampel mahasiswa 152 orang, Dosen Sebanyak 36 orang, dan Jurusan sebanyak 3 orang. Pengambilan sampel dengan Proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan empat variabel yang dievaluasi. 1. Aspek Context menunjukkan Kebijakan., latar belakang, tujuan dan kebutuhan sesuai dengan target yang diharapkan serta tujuan dan kebutuhan yang perlu ditingkatkan kembali. 2. Aspek Input Sumber daya( Jurusan 100%, Dosen 97,38%,Mahasiswa 86%), Sumber informasi ( Jurusan 92%,Dosen 90,35%, Mahasiswa 74%), Prosedur penerapan (Jurusan 100%, Dosen 90,33%, Mahasiswa 83,90%. dari 3. Aspek Process persiapan (Jurusan 93% dan Dosen 83,60%), Pelaksanaan (Jurusan 83%, Dosen 92,33%, Mahasiswa 75,32%). Penilaian ( Jurusan 84%, Dosen 96%,Mahasiswa 86,30%). 4. Aspek Produk Analisis (Jurusan 97% dan Dosen 87%), Keputusan (Jurusan 93% ,Dosen 87,04%dan Mahasiswa 74,73%).Hasil ( Jurusan 97%, Dosen 82,33%, Mahasiswa 74%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum berbasis KKNI FIK Unimed sudah terlaksana dengan baik sekali.