ANALYSIS OF SENIOR HIGH SCHOOL BIOLOGY TEXTBOOKS FOR CLASS XIN BINJAI BASED ON THE SCOPE OF SCIENTIFIC LITERACY
Main Authors: | Nasution, Mahpuzah, Sipahutar, Herbert, Harahap, Fauziyah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35548/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35548/ |
Daftar Isi:
- Untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa Indonesia, dapat dilihat dari hasil pengukuran literasi sains oleh PISA. Data terakhir dari hasil tes dan evaluasi PISA 2015 performa siswa-siswi Indonesia masih tergolong rendah.Salah satufaktorpenyebabnya adalah buku ajar yang digunakan di sekolah. Pada penelitian ini peneliti menentukan buku ajar sebagai objek penelitian untuk dianalisis dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai ruang lingkup literasi sains pada buku Biologi SMA kelas X di kota Binjai ditinjau dari aspek Konteks, Pengetahuan, Kompetensi Saintifik dan Sikap (Prilaku Ilmiah). sampel yang diteliti yaitu salahsatu buku Biologi kelas X yang paling banyak digunakan di SMA se-Kota Binjai.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan ruang lingkup literasi sains buku ajar biologi SMA untuk Kelas X di kota Binjai.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis sudah memiliki muatan literasi sains, dan buku-buku yang telah dianalisis tersebut lebih banyak memuat literasi sains pada aspek pengetahuan dari pada aspek konteks, kompetensi dan sikap. Untuk aspek pengetahuan pada buku yang dianalisis, paling mendominasi adalah pengetahuan konten. Lalu pada aspek kompetensi saintifik didominasi oleh kategori menjelaskan fenomena ilmiah, kemudian pada aspek sikap didominasi oleh kategori ketertarikan terhadap sains dan untuk aspek konteks didominasi oleh kategori Batas Sains Teknologi (BST).