Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique VCT dan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional dan eksperimen melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan kecerdasan emosi mempengaruhi hasil belajar PKn peserta didik di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Eksperimen design dengan bentuk Pretest-postest Control Group Design sehingga desain penelitian ini menggunakan model pembelajaran VCT. Eksperimen yang diteliti dengan penelitian awal adalah melakukan uji coba tes hasil belajar PKn untuk melihat interaksi awal antara pemberlakuan eksperimen dengan kelas kontrol yang akan melihat sejauh kesiapan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, yang kemudian akan diuji cobakan setelah tes awal dilakukan model pembelajaran VCT berbantuan kartu keyakinan dengan kecerdasan emosi skala likert, siswa untuk mencari dan menemukan kesadaran diri, manajemen diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Subjek uji coba dalam penelitian eksperimen model pembelajaran VCT ini adalah subjek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsisdimpuan, yaitu kelas VII-4 dan VII-5 kelas kontrol dan VII-6 dan VII-8 kelas eksperimen yang akan membandingkan kelas kontrol dan eksperimen. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan random sampling, yang terdiri dari 123 orang siswa untuk uji coba pada kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dan 62 orang siswa untuk uji coba pada model pembelajaran VCT dan 61 untuk tidak diberlakukannya pembelajaran VCT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar PKn yakni pilihan berganda dan skala kecerdasan emosi Likert dengan menggunakan teknik analisis data Analisis Two Varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran VCT dan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar PKn dengan kelas eksperimen 84,87 sementara kelas kontrol rata-rata 81,73. Model pembelajaran VCT dan kecerdasan emosi mempengaruhi hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan emosi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah 71,6%.