ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA DI SMA NEGERI SE-KOTA LANGSA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains, kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah siswa berdasarkan lokasi sekolah, berdasarkan jenis kelamin pada materi sistem respirasi pada manusia di kelas XII SMA Negeri se-Kota Langsa. Penelitian merupakan penelitian Ex Post Facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA sebanyak 150 orang. Keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh menggunakan dalam bentuk tes uraian/essay, sedangkan sikap ilmiah diperoleh dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong Tinggi (74,02). Berdasarkan lokasi sekolah keterampilan proses sains SMA Negeri Se-kota Langsa berbeda signifikan diperkotaan lebih tinggi yaitu (75,28) dibandingkan dengan SMA yang berada di daerah desa (73,18). Berdasarkan Jenis kelamin keterampilan proses sains tidak berbeda signifikan pada perempuan tergolong lebih tinggi (74,55) dibandingkan dengan keterampilan proses sains laki-laki (71,59) tergolong Tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong sedang (67,29). Berdasarkan lokasi sekolah kemampuan berpikir tingkat tinggi SMA Negeri Se-kota Langsa berbeda signifikan di daerah kota lebih tinggi (71,91) di bandingan SMA yang berada di daerah desa (64,21). Berdasarkan jenis kelamin kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak berbeda signifikan pada perempuan tergolong sedang (67,49) hal ini tidak berbeda dengan lakilaki yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi tergolong sedang (65,31). Sikap ilmiah siswa SMA Negeri Se-kota Langsa tergolong baik (76,96). Berdasarkan lokasi sekolah sikap ilmiah siswa SMA terdapat perbedaan yang signifikan di daerah perkotaan tergolong lebih baik (83,00) dibandingkan SMA yang berada di daerah pedesaan tergolong baik (72,93). Namun juga, Sikap ilmiah siswa perempuan tergolong baik (78,32) tidak terdapat perbedaan signifikan pada siswa laki-laki juga tergolong baik (71,89).