Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keefektifan LKS yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII SMP Negeri 17 Medan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 pada uji coba I dan VII-5 pada uji coba II SMP Negeri 17 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, LKS, dan Tes untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, waktu pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang telah dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar klasikal telah melebihi batas minimal yaitu 87,87% pada uji coba II (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai pada uji coba II (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,15 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi waktu pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan II. (2) nilai rata-rata kelas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 25 orang menjadi 29 orang. (3) respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan LKS yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.