Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ilmu bahan bangunan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematang Siantar pada Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif untuk data hasil belajar ilmu bahan bangunan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskripsi dan interpolasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dilihat dari rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen sebesar 23,90 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas Kontrol sebesar 19,00. (2) Model Pembelajaran Inquiry memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan setelah diberi perlakuan dilihat dari perhitungan uji-t satu arah yaitu atau .