UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI 1001800 DELI TUA T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Adapun masalah-masalah yang ditentukan dalam penetian ini yaitu : kurangnya kemampuan dalam pengelolaan kelas dan masih menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Center), hasil belajar siswa yang masih rendah yang disebabkan oleh siswa kurang memahami teori dan kurangnya penggunaan variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujian dari peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 101800 Deli Tua. Maka untuk mencapai dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang terdiri dari beberapa tahap, a) berfikir, b) berpasangan, c) berbagi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101800 Deli Tua dengan jumlah siswa 32 orang. Adapun jenis penelitian ini adah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahnwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 25 siswa (79%) yang belum tuntas belajar, 7 siswa (21%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 11 siswa (35%) yang tuntas belajar, 21 siswa (65%) yang tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 3 siswa (9%) yang belum tuntas belajar, 29 siswa (91%) yang tuntas belajar. Maka kesimpulannya adalah model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk berfikir secara kritis, sehingga hasil belajar siswa meningkat.