PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DALAM MENGGUNAKAN ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG) SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 10 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X di SMK Negeri 10 Medan yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X SMK Negeri 10 Medan yang menggunakan metode tutor sebaya. 3)Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiemen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 66 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran tutor sebaya (X), dan hasil belajar ilmu gizi dalam menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menggunakan kelas eksperimen, metode pembelajaran tutor sebaya diperoleh hasil uji kecenderungan 85 % dengan rata – rata hitung 41,77 dan standar deviasi 2,87. Dibandingkan kelas kontrol diperoleh hasil uji kecenderungan 52 %, dengan rata – rata hitung 33,04 dan standar deviasi 4,03. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post tes diperoleh t hitung > t tabel (10,15 >1,669), maka Ha diterima berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu Gizi Dalam Menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 10 Medan.