Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Perubahan Materi Di SMPN 2 Percut SeiTuan
Main Author: | Chairani, Yuni |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
TALENTA PUBLISHER
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/34851/ https://talentaconfseries.usu.ac.id/st/article/view/351 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TPS(Think-Pair-Share)d dengan menggunakan media power point lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ceramah pada pokok bahasan perubaha materi.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Control group pre-test-post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISemester I SMP N 2 Percut Sei Tuan T.P 2012/2013. Sampel penelitian ini diambil dengan secara purposive, terdiri dari satu kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media power point dan satu kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah. Jumlah keseluruhan sampel adalah 60orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk pilihan berganda.Analisis statistik uji-t diperoleh thitung= 1,72 kemudian harga thitungdibandingkan dengan ttabeldengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 58 ttabel = 1.6723ternyata thitung> ttabel (1,72 >1.6723).