HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk diantaranya motivasi belajar dan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (2) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII teknik pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 63 orang siswa. Dan jumlah sampel penelitian yaitu keseluruhan dari populasi sebanyak 63 orang siswa. Teknik Pengumpulan data penelitian untuk variabel bebas menggunakan angket, sedangkan variabel terikat menggunakan Dokumentasi. Validitas isi diperoleh melalui expert judgment. Validitas instrument menggunakan korelasi product moment pearson. Reliabilitas instrument angket dengan koefisien alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) analisis deskriptif. (2) uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas. (3) Uji hipotesis meliputi korelasi product moment, dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai ryx1 > rtabel = 0,619 > 0,248 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan nilai ryx2 > rtabel = 0,549 > 0,248 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan nilai R = 0,748. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan kecerdasan emosional, maka semakin tinggi pula hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa.