HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar menggambar teknik, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik, (3) hubungan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI paket keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 62 orang. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian adalah seluruh populasi. Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Yakni siswa kelas XI TP-2 SMK Sw Teknologi dan Rekayasa YPD Tebing Tinggi sebanyak 30 orang. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi 0,612 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi 0,636 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi 0,779 dengan lefel signifikan alpha sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar menggambar teknik. Dengan demikian sekolah perlu meningkatkan persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar menggambar tekniknya.