PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan yang beralamat di Jalan Bersama No. 268 A Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS di SMA Swasta Teladan Medan yang berjumlah 92 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan Uji F, dan uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung> ttabel pada α = 0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest X = 55,978; SD = 12,047 dan posttes X = 79,783 ; SD = 9,601. Sedangkan kelas kontrol pretes X = 49,022 ; SD = 11,861 dan posttest adalah X = 65,326 ; SD = 11,421. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 6,622 sedangkan ttabel = 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,622 > 1,668 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Swasta Teladan Medan Tahun ajaran 2018/2019.