Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar lembing melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI TKBB SMK Negeri 2 Binjai s. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian sebanyak 31 orang.. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Negeri Binjai Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Dilihat dari data awal lempar lembing hanya 11 orang siswa yang tuntas (35.48%) dan 20 orang siswa yang belum tuntas (64,51%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 14 orang (45,16%) dan siswa yang belum tuntas 17 orang (54,83%) belum tuntas secara klasikal. Peresentase ketuntasan dari siklus I dan II adalah 14 (45,16%) Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 28 orang (90,32%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (9,68%). Nilai rata rata hasil belajar siswa pada data awal adalah (35,48) (tuntas), pada test siklus 1nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi (45,16)(tuntas), pada pelaksanaan test siklus II presentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai (90,32). Peresentase ketunsasan belajar siswa pada data awal adalah 35,48 %pada test siklus I meningkat menjadi 45,16 pada siklus II presetasi ketuntasan belajar siswa telah mencapai 90.32%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus 11dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus 45.16% dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklusI adalah 90,32%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing pada siswa kelas XI SMK 2 Negeri Binjai Tahun Ajaran 2018-2019.