PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/ 2019
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Raksana Medan yang ber-alamat di jalan Gajah Mada No.20 Kecamatan Medan Petisah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Raksana Medan dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Kelas XI IPS 1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata – rata pretest kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share sebesar 46,81 dengan SD = 10,01 dan nilai rata – rata postest sebesar 79,58 dengan SD = 7,30. Sedangkan nilai rata – rata pretest kelas kontrol sebesar 46,39 dengan SD = 10,25 dan nilai rata – rata postest sebesar 73,05 dengan SD 9,65. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,43 sedangkan ttabel sebesar 1,666. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,43 > 1,666 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair and Share lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional.