PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X IPA SMA N 1 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script dan PBI pada sub materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak) sebanyak 72 siswa, yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Kooperatif Script dan kelas X IPA 6 sebagai kelas PBI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Kooperatif Script adalah 80,30 dengan SD 7,90 dan nilai hasil belajar siswa dengan model PBI adalah 70,33 dengan SD 9,07. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung > ttabel (6,77 >1,66) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan PBI pada sub materi keanekaragaman Hayati di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019.