Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia siswa menggunakan Macromedia Flash pada materi Koloid di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > t 1⁄2 α (3,29 > 1,994) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi sistem koloid.