PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDNETS HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.A. 2017/2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Parulian 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Questions Stndents Have Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Parulian 1 Medan yang beralamat Jl. Stadion Teladan No.23, Teladan Barat, Medan Kota, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan yang berjumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adlah teknik total sampling, yaitu kelas X-1 sebanyak 36 dan kelas X-2 sebanyak 37 siswa. Tekmik pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen untuk pre tes diperoleh rata-rata 53.61 dan standar deviasi 10.5, untuk pos tes rata-rata 74.58 dan standar deviasi 58.90. Selanjutnya untuk kelas kontrol untuk pre tes diperoleh data ratarata nilai siswa 48.7 dan standar deviasi 9.45, selanjutnya untuk pos tes diperoleh data rata-rata nilai siswa 70.67 dan standar deviasi 6.88. pengujian dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0.05 pada pengamatan kelas eksperimen n = 36 dan kelas kontrol n = 37 didapat thitung dan 2.60 ttabel 1.66. Hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa thitung> ttabel (2.60 > 1.66), dengan kata lain hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan model pembelajaran Question Students Have lebih tinggi dengan ratarata 74.58, dibandingkan dengan hasil belajar model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 70.67 di kelas X SMA Parulian 1 Medan T.P 2017/2018.