PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Swasta ERIA Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving di kelas XI AK SMK Swasta ERIA Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta ERIA Medan yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No. 195, Teladan Barat, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta ERIA Medan sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajan Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk essay test yang diambil dari buku. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus Daya Serap untuk menghitung persentase penguasaan siswa secara individu dan menghitung rata-rata kelas. Hasil analisis data yang diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 66,67% dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas 93,33% dengan peningkatan nilai rata-rata siswa (siklus I rata-rata 72,5 dan siklus II rata-rata 82,83) berdasarkan standart Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas XI SMK Swasta ERIA Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.