Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu mahasiswa yang aktif berorganisasi sebanyak 41 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analaisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 2,657 + 0,133X1 + 0,108X2. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial keaktifan berorganisasi mahasiswa memiliki pengaruh yang positf dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (3,049 > 2,022) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,484 > 2,022) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai Fhitung> Ftabel (10,509 > 3,24) pada taraf signifikansi α 0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa baik secara parsial dan simultan.