Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode outdoor learning terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Permata bunda Kota Langsa.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul di lapangan mengenai rendahnya kemandirian anak diantaranya masih bergantung pada orang lain, kepercayaan diri yang kurang, belum memiliki inisiatif, dan belum dapat memenuhi kebutuhan dirinya sendiri disekolah serta kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah maupun luar sekolah sebagai media dan sumber belajar dalam menstimulus kemandirian anak.. Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemandirian anak menggunakan metode outdoor learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental dengan desain The equivalen time samples design. Variabel bebas adalah metode outdoor learning sedangkan variable terikat adalah kemandirian. Instrumen pengumpulan data adalah observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji test Q chocran, yang dilanjut dengan uji signifikansi pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata kemandirian anak berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan pembelajaran menggunakan metode outdoor learning dibandingkan ketika tidak dibelajarkan dengan metode outdoor learning dilihat dari uji test Q chochran diperoleh Qhitung > yaitu 167.43728 > 24,996 pada taraf α=0,05 .Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode outdoor learning memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Permata Bunda Kota Langsa Tahun Ajaran 2017/2018.