PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI ANGKATAN 2016 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016. (2) Pengaruh yang signifikan antara pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016 yang berjumlah 137 orang. Sampel ditentukan 50% dari jumlah populasi sehingga sampel berjumlah 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi langsung (daftar wawancara) dan tidak langsung (daftar angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016, hal ini dibuktikan thitung > ttabel (2,332 > 1,668) dan besar kontribusi sebesar 0,075 atau 7,5%, artinya sumbangan pengaruh pendidikan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa sebesar 7,5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2016, keadaan ini terbukti thitung > ttabel (2,754 > 1,668) dan besar kontribusi 0,102 atau 10,2%, artinya sumbangan pengaruh pendapatan orangtua terhadap perilaku belajar mahasiswa sebesar 10,2%.