Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap perilaku agresi verbal siswa kelas IX-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental dengan jenis One group Pretest-Posttest design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek diambil secara random, 2 orang dengan kategori angket rendah, 3 orang dengan kategori sedang, dan 5 orang dengan kategori angket tinggi yang diperoleh dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku agresi verbal berjumlah 18 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 15 dengan α = 0,05 adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 15 > 8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test perilaku agresi verbal diperoleh skor rata-rata 55,9 sedangkan data post-test perilaku agresi verbal diperoleh skor rata-rata sebesar 38,3 yang berarti skor rata-rata siswa setelah mendapat konseling kelompok teknik kreatif terhadap perilaku agresi verbal lebih rendah daripada sebelum mendapat konseling kelompok teknik kreatif terhadap perilaku agresi verbal.