PENGARUH MEDIA FLASH CRADS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA SEI ROTAN KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa inggris anak masih rendah, kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam pemanfaatan media, dan penggunaan metode yang dilakukan oleh guru cenderung menggunakan metode bercakap – cakap dan pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flash cards terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Santa Lusia Sei Rotan. Jenis penelitian ini adalah true eksperimental design, dengan desain posstest only control group desain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara random dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 32 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media flash cards, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa inggris. Instrumen pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t dan observasi dilakukan dengan panduan observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata – rata nilai pada kelas media flash cards 10,09 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, sehingga penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelas media flash cards memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata – rata pada kelas media tape recorder 6,65 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5 sehingga penguasaan kosakata bahasa inggris anak belum maksimal berkembang. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang menyatakan bahwa t