PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BINA AGUNG MEDAN T.A 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bina Agung Medan T.A 2018/ 2019.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1. Sampel ditarik dengan menggunakan metode Purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas VIII-1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket keterampilan berkomunikasi siswa berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik analisis transaksional terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata skor 83,25 sedangkan skor (posttest) diperoleh rata-rata 105, artinya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik analisis transaksional lebih signifikan (105>83,25). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik analisis transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.