PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 11 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi koloid, juga interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik random sampling, yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen dengan rancangan anava faktorial 2 x 2. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh tes hasil belajar yang menggunakan instumen yang valid sebanyak 42 soal dan reliabel (0,87) dan data untuk kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui angket kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,038 > 3,97, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 39,763 > 3,97, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 7,502 > 3,97.