Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui (1) adaptasi mahasiswi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan (2) hambatan yang dialami saat mengikuti pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED (3) peluang mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan berkiprah di dunia STEM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dari Spradley. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori adaptasi Usman Pelly, adaptasi budaya Julian Steward dan teori School, Information and Communication Peer. Unit analisis terdiri dari enam mahasiswi, empat mahasiswa laki-laki dan satu orang selaku Kepala Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED. Berdarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED adalah aktif bertanya, memberikan argumentasi terhadap materi yang dipelajari, memiliki minat, motivasi dan inisiatif di bidang peminatan teknik bangunan. Hambatan yang dialami saat mengikuti pembelajaran adalah manajemen waktu dalam mengerjakan tugas kelompok yang didominasi mahasiswa laki-laki, ketidaksesuaian peran yang dijalankan dan perbedaan peran gender. Mahasiswi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED mempunyai peluang yang besar berkiprah di dunia STEM karena memiliki kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dalam bidang teknik, dan mampu menjaring kebutuhan pasar kerja melalui banyak informasi pekerjaan yang cocok bagi perempuan.