PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi pokok sistem pernapasan manusia di kelas XI-IPA SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang yang diambil secara acak (random). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai acuan. Pada saat diberikan perlakuan dengan menggunakan Two Stay Two Stray dilakukan juga pengamatan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 74,5 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran diberikan, dilakukan postes dengan hasil rata-rata eksperimen 85,41 dengan standar deviasi 5,12 dan kelas kontrol 77,56 dengan standar deviasi 4,17. Setelah dilakukan pengujian data postes dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diadakan pengolahan selanjutnya yaitu hasil uji t diperoleh thitung = 17,60 dan ttabel = 1,61, sehingga thitung > ttabel (17,60 > 1,61) maka Ha diterima dengan demikian perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 47,89 % sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 22,35 %. Diperoleh juga persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen terhadap kelas kontrol sebesar 22,35 %.