KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUNNYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 45 teks cerpen siswa kelas XI. Berdasarkan tes menulis cerpen siswa, hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen tergolong kurang pada tabel distribusi presentase dilihat dari 45 teks cerpen siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 1 (2%) siswa berada pada rentang 86-100 termasuk dalam kategori baik sekali, 2 (4%) siswa berada pada rentang 76-85 termasuk dalam kategori baik, 11 (24%) siswa berada pada rentang 56-75 termasuk dalam kategori cukup, dan 31 (70%) siswa berada dalam kategori kurang. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya dalam hal ini unsur intrinsik yaitu tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat masih dibawah kategori baik atau kurang. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen masih tergolong kurang memahami unsur-unsur intrinsik pada teks cepen, sehingga pemahaman akan unsur-unsur intrinsik pada teks cepen yang baik dan benar masih rendah. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan.