Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Kp.Dadap Kota Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk potstest only control design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random Sampling (dipilih secara acak) dengan memperhatikan karakteristik kelompok sampel yaitu dari segi usia. Sampel yang diambil oleh peneliti adalah sampel unit, yaitu seluruh anak yang berada kelompok B1 dan B2 dengan jumlah sampel tiap kelompok sebanyak 22 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. Data dalam penelitian ini analisis dengan statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini berupa statistik nonparametrik yaitu uji beda dua kelompok sampel Kolmogrov-Smirnov. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kreativitas anak yang dipelajarkan dengan metode proyek = 3,26 dan berada pada kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Sedangkan nilai rata-rata kreativitas anak yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi = 2,26 dan berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dari hasil data tersebut terlihat perbedaan nilai rata-rata sebanyak 0,64, setelah dilakukan pengujian meunjukkan bahwa diperoleh X2 hitung = 4,5056 sedangkan X2 tabel = 0,408. Maka hasil pengujian menunjukkan bahwa X2 hitung > X2 tabel dengan taraf nyata