PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPA MAM (MAKE A MATCH) DENGAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P. 2017/201
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MaM (Make a Match) dan STAD (Student Team Achievement Division) pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 68 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI MIA 4 (kelas MaM) sebanyak 34 orang, dan kelas XI MIA 2 (kelas STAD) sebanyak 34 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 25 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran STAD sebesar 81.41 dengan SD 8.46 dan hasil belajar model MaM sebesar 77.06 dengan SD 9.66 serta nilai rata-rata aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif MaM dan STAD, kelas STAD (79.11) lebih tinggi daripada kelas MaM (75.08). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif MaM dengan STAD pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018.