Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XII semester I SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas, yaitu kelas XII MS-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MS-3 sebagai kelas kontrol, jumlah siswa masingmasing tiap kelas 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay berjumlah 10 soal yang telah divalidkan oleh validator. Penilaian sikap dan keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan termasuk dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol penilaian sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi arus listrik searah di kelas XII semester I SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018.