Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sistem Informasi Geografis pada kompetensi dasar memahami konsep, ruang lingkup, fungsi dan kegunaan SIG di Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 siswa. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian pada siklus I observasi hasil belajar sikap siswa terdapat dua aspek yang dinilai yaitu sikap kerjasama dan tanggung jawab kepada 30 orang siswa, dimana siswa yang memperoleh kategori kurang baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, cukup baik sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00%, baik sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67% dan untuk kategori sangat baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67% , sedangkan pada siklus II hasil belajar sikap siswa mengalami peningkatan dimana siswa yang memperoleh kategori cukup baik sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, kategori baik sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00% dan untuk kategori sangat baik sebanyak 13 orang dengan persentase 43,33%. Pada siklus I hasil belajar pengetahuan siswa dengan kategori tidak kompeten sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67%, cukup kompetensebanyak 15 orang dengan persentase 50,00%, kompeten sebanyak 6 orang dengan persentase 20,00%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 1 orang dengan persentase 3,33%, sedangkan pada siklus II hasil belajar pengetahuan siswa mengalami peningkatan dimana kategori cukup kompeten sebanyak 5 orang dengan persentase 16,67%, kompeten sebanyak 14 orang dengan persentase 46,67%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 11 orang dengan persentase 36,67%. Pada siklus I hasil belajar keterampilan siswa dengan kategori tidak kompeten sebanyak 12 orang dengan persentase 40,00%, kompeten sebanyak 15 orang dengan persentase 50,00%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 3 orang dengan persentase 10,00%, sedangkan pada siklus II hasil belajar keterampilan siswa mengalami peningkatan dimana kategori kompeten sebanyak 22 orang dengan persentase 73,33%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 8 orang dengan persentase 26,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Informasi Geografis kompetensi dasar memahami konsep, ruang lingkup, fungsi dan kegunaan SIG di Kelas XI Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.