PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa, 2) peningkatan hasil belajar dan KPM siswa menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional, 3) peningkatan KPM siswa berdasarkan setiap indikator KPM. Jenis penelitian hasil belajar dan KPM adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini seluruh kelas X SMA Negeri 4 Medan berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda dan KPM adalah tes essai. Nilai pretes hasil belajar dan KPM kelas eksperimen 40,81 dan 20,86 sedangkan kelas kontrol 41,69 dan 21,28. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis data pretes dengan uji t menunjukkan thitung<ttabel artinya kognitif dan KPM awal siswa sama. Nilai postes hasil belajar dan KPM kelas eksperimen dengan model PBL adalah 77,97 dan 62,78 sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional 70,3 dan 41,8. Uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan thitung>ttabel artinya kognitif dan KPM akhir siswa berbeda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar dan KPM siswa, 2) hasil belajar dan KPM siswa menggunakan model PBL meningkat lebih baik dibanding pembelajaran konvensional, 3) setiap indikator KPM menggunakan model PBL mengalami peningkatan lebih baik dibanding pembelajaran konvensional.