PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKO SUHU DAM KALOR DI KELAS X SESTER II MAN 3 MEDAN T.P.2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II MAN 3 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan yang terdiri dari 5 MIA. Sampel penelitian dilakukan secara random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas X-MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan tes. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif siswa. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata 34,96 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-test 31,33. Sedangkan pada post-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,36 dan kelas kontrol memperoleh rat-rata 58,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis postes thitung > ttabel (2,12 < 1,67) pada taraf nyata 0,05 artinya H0 diterima. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Rata-rata nilai aktivitas siswa di kelas eksperimen diperoleh 75,47 dengan kategori aktif.