PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT DAN HUKUM HOOKE KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI MAI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 7 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,00 dan kelas kontrol dengan rata-rata 28,05. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training sebesar 73,95 sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 59,62. Perkembangan aktivitas di kelas eksperimen diperoleh rata-rata dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke kelas XI di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan.